Surat Ketrangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisikan informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar yang diatur dalam Permendikbud No 81 Tahun 2014. Kualifikasi lulusan tersebut diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.

SKPI bukan pengganti dari ijazah dan bukan transkrip akademik. SKPI juga bukan media yang secara otomatis memastikan pemegangnya mendapatkan pengakuan, dikeluarkan oleh institusi pendidikan tinggi yang berwenang mengeluarkan ijazah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hanya diterbitkan setelah mahasiswa dinyatakan lulus dari suatu program studi secara resmi oleh Perguruan Tinggi.
SKPI diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan diterbitkan mengunakan kertas khusus (barcode/hologram security paper) berlogo Perguruan Tinggi, yang diterbitkan secara khusus oleh Perguruan Tinggi. (http://kkni-kemenristekdikti.org/pendidikan/skpi)

Program Studi D3 Akuntansi UMY pada hari Rabu tanggal 14 November 2018 lalu telah melaksanakan Sosialisasi Pengisian Surat Keterangan Pendamping Ijazah kepada Mahasiswa Baru Angkatan 2018. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan secara dini kepada mahasiswa mengenai SKPI. Mahasiswa diminta untuk mengikuti kegiatan yang menunjang kemampuan diri di luar kegiatan belajar mengajar di kelas. Semakin banyak kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa diharapkan dapat menambah nilai jual mereka kepada perusahaan saat mereka akan bekerja.

Surat Keterangan Pendamping Ijazah dapat diisi dengan Sertifikat Brevet Pajak A&B, Akuntansi Syariah dan Toefl. Untuk dari Internal UMY wajib diisi Sertifikat KIAI (Kuliah Intensif Al-Islam), Sertifikat Mataf (Masa Ta’aruf) dan Sertifikat OSDI. Selain itu, mahasiswa juga dapat melampirkan sertifikat kejuaraan lomba yang pernah diikuti.

 

Facebook Comments

Share This Article