Pimpinan

Ketua Program Studi D3 Akuntansi - Barbara Gunawan, S.E., M.Si., Ak., CA.

Riwayat atau biodata pimpinan

NIDN : 0519097101
Tempat dan Tgl. Lahir : Martapura, 19 September 1971
Jabatan Akademik : Lektor Kepala
Pendidikan (Bidang dan Asal PT) : S1 Universitas Islam Indonesia, S2 Universitas Gadjah Mada
Bidang Keahlian : Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Analisis Laporan Keuangan
Mata Ajar yang Diampu : Akuntansi Biaya, Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur, Sistem   Informasi Akuntansi

Rekam Karir Pimpinan

  • Tahun 2012-2013 sebagai Wakil Direktur Program Vokasi UMY
  • Tahun 2013-2017 sebagai Ketua Prodi D3. Akuntansi UMY
  • Tahun 2017-2021 sebagau Ketua Prodi D3. Akuntansi UMY

Lingkup Kerja

Bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan bidang akademik di tingkat Program Studi D3. Akuntansi

Wewenang

  • Menentukan prioritas pekerjaan.
  • Memberi nilai kinerja bawahan.
  • Memparaf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
  • Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

Tanggung jawab

  • Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja.
  • Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan mahasiswa.
  • Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor.
  • Kelancaran, kebenaran, dan ketepatan pelaksanaan tugas.
  • Kebenaran dan ketepatan laporan.
  • Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan.

Uraian jabatan

  • Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan Program Studi D3. Akuntansi yang meliputi: pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumber daya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
  • Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran kegiatan Program Studi D3. Akuntansi yang meliputi: pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumber daya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
  • Merencanakan kegiatan dalam pelaksanaan kerjasama/MOU/perjanjian kerjasama antara Program Studi D3. Akuntansi dengan perguruan tinggi lain, instansi-instansi pemerintah, maupun swasta dalam rangka pengembangan bidang akademik yang meliputi: pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumber daya, layanan mahasiswa dan promosi serta penjaminan mutu.
  • Merencanakan kompetensi dan karir dosen Program Studi D3. Akuntansi yang meliputi: pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat.
  • Membina kegiatan ekstra kurikuler, pengabdian, organisasi mahasiswa, dan pengembangan diri mahasiswa di tingkat Program Studi D3. Akuntansi.
  • Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan
  • Menyusun Rencana Operasional (RENOP) Tahunan Program Studi D3. Akuntansi.
  • Mengimplementasikan sistem informasi manajemen bidang akademik.
  • Memantau dan melakukan evaluasi kegiatan Program Studi D3. Akuntansi di bidang akademik meliputi: pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat, layanan kemahasiswaan dan promosi.
  • Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hard dan atau
  • Menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Ketua Program Studi yang baru.
Sekretaris Program Studi D3 Akuntansi - Desi Susilawati, S.E., M.Sc.

Riwayat atau Biodata Pimpinan

NIDN : 0519097101
Tempat dan Tgl. Lahir : Binjai, 11 Desember 1976
Jabatan Akademik :-
Pendidikan (Bidang dan Asal PT) : S1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, S2 Universitas Gadjah Mada
Bidang Keahlian : Pengauditan
Mata Ajar yang Diampu Sistem Informasi Akuntansi

Pengauditan

Komputer Akuntansi

Praktikum Perusahaan Dagang

Rekam Karir Pimpinan

  • Tahun 2008-2012 sebagai Sekretaris Prodi di PMY
  • Tahun 2015-2017 sebagai Sekretaris Prodi D3. Akuntansi UMY
  • Tahun 2017-2021 sebagai Sekretaris Prodi D3. Akuntansi UMY

Lingkup Kerja

Bertanggung jawab untuk pengembangan sumber daya di tingkat Program Studi D3. Akuntansi.

Wewenang

  • Menentukan prioritas pekerjaan.
  • Memberi nilai kinerja bawahan.
  • Memberi paraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan.
  • Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

Uraian Jabatan

  • Menyusun kegiatan dan rencana anggaran kegiatan Program Studi D3. Akuntansi yang meliputi: pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumber daya, layanan mahasiswa, dan promosi.
  • Merencanakan kompetensi staf non akademik di tingkat program studi.
  • Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan
  • Menyusun Rencana Operasional (RENOP) tahunan Program Studi D3. Akuntansi di bidang sumber daya.
  • Memantau dan mengevaluasi bidang sumber daya yang meliputi sarana dan prasarana, keuangan, tatakelola, dan sumber daya tenaga pendukung di tingkat Program Studi D3. Akuntansi.
  • Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staf Program Studi D3. Akuntansi dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.
  • Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hard dan/atau
  • Menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.
  • Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Sekretaris Program Studi yang baru.
Koordinator Laboratorium D3 Akuntansi - Parwoto, S.E., M.Sc.

Riwayat atau Biodata Pimpinan

NIDN : 0526027701
Tempat dan Tgl. Lahir : Kebumen, 26 Februari 1977
Jabatan Akademik : -
Pendidikan (Bidang dan Asal PT)  S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

S2 Universitas Gadjah Mada

Bidang Keahlian : Akuntansi Sektor Publik
Mata Ajar yang Diampu : Akuntansi Sektor Publik, E-Business, Akuntansi Perusahaan Dagang

Rekam Karir Pimpinan

  • Tahun 2008-2012 sebagai Ketua Program Studi PMY
  • Tahun 2017-2021 sebagai Koordinator Laboratorium D3. Akuntansi UMY

Riwayat Pekerjaan

  • 2002-2008       : Dosen tetap Program Studi Perpajakan dan dosen luar biasa program studi akuntansi politeknik PPKP Yogyakarta
  • 2004-2008       : Dosen Luar Biasa Jurusan Ekonomi (Ekstensi S1) STIE IEU Yogyakarta
  • 2009-2011        : Ketua Program Studi pada Program Studi Akuntansi Politeknik Muhammasiyah  Yogyakarta
  • 2012-sekarang : Dosen program Studi D3. Akuntansi Program Vokasi UMY

Riwayat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

 Lingkup Kerja

Bertanggung jawab untuk pengembangan sumber daya di tingkat Program Studi D3. Akuntansi.

Wewenang

- Menentukan prioritas pekerjaan.

- Memberi nilai kinerja bawahan.

- Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai kebutuhan.

- Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

Uraian Jabatan

- Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan pengembangan laboratorium yang mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi

- Merencanakan kegiatan dan menyusun rencana anggaran kegiatan untuk pengembangan kegiatan yang mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi

- Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan

- Menyusun Rencana Operasional (RENOP) tahunan pengelolaan dan pengembangan yang mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi

- Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staf laboratorium secara periodik

- Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hard copy dan soft copy.

- Menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori akhir masa jabatan

- Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya Kepala Laboratorium Program Studi yang baru.