Fasilitas

Perpustakaan

Perpustakaan UMY menyediakan berbagai referensi dalam bentuk buku, jurnal dan skripsi dari setiap bidang studi yang juga dilengkapi dengan ruang baca dan multimedia.

  • Senin-Jumat 08.00-16.00
  • Sabtu 08.00-13.00
Ruang Kuliah

Setiap kelas di kampus UMY dilengkapi pendingin ruangan dan tata letak kelas yang fleksibel menyesuaikan aktifitas pembelajaran seperti ceramah, diskusi kelompok dan presentasi. untuk penyampaian materi kuliah berbasis multimedia disediakan layar LCD dan Sound System.

Laboratorium Puskom

Pusat Komputer (Puskom) UMY berada di Gedung Ar-Fachruddin B serta di Gedung E.

Taman

 

 

Taman batu untuk berdiskusi dan berkumpul yang dilengkapi dengan layanan Wi-Fi dan akses listrik.

Masjid KH Ahmad Dahlan

Terletak di pusat gedung terpadu UMY untuk memudahkan akses ibadah. Masjid KH. Ahmad Dahlan ini juga berfungsi sebagai public space untuk tempat belajar, diskusi dan rapat kegiatan mahasiswa

Klinik dan Dana Sehat Mandiri

Klinik kesehatan dengan layanan kesehatan gratis tersedia di area UMY Boga yang dapat diakses pada jam kerja. Dana Sehat Muhammadiyah akan membantu pelayanan kesehatan yang lebih intensif di Asri Medical Centre dan jaringan RS PKU di seluruh Indonesia.

Parkir Berbasis IT

Akses masuk parkir dengan kartu mahasiswa dan kartu ID karyawan pada Gate Parkir UMY dan area-area parkir yang tersebar di dekat gedung perkuliahan berbasis RFID (Radio Frequency Identification). Mahasiswa maupun Karyawan mendapatkan akses keluar-masuk kampus dengan menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan ID Card Karyawan yang berbasis RFID. Apa itu RFID? klik disini

UNIRES - University Residence

Menempati area di ujung sayap utara (putra) dan ujung sayap selatan (putri), merupakan lingkungan asrama mahasiswa yang Islami dan dilengkapi dengan program pembinaan kepribadian Islami dan penggunaan bahasa Inggris dan Arab sebagai bahasa sehari-hari.

Sportorium

Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah simbol atau ciri khas dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dimana bangunan yang telah berdiri pada tahun 2000 an itu terlihat megah dengan corak matahari yang mewakili Muhammadiyah dan seperti di ketahui bahwa sportorium umy ini adalah yang termegah di yogyakarta dimana di tempat ini sering dipergunakan sebagai tempat acara Event, Pertemuan, Seminar, Panggung band dll, wakil presiden RI 2014 sekarang pak Jusuf Kalla juga pernah mengadakan seminar di tempat ini.

Professor's Guest House

Professor’s Guest House akan digunakan untuk memfasilitasi para visiting professor dari negara lain yang mengajar di UMY. Ini akan bisa dimanfaatkan oleh dosen yang tidak hanya melakukan short visit, tetapi juga untuk yang long stay. Ukuran masing-masing kamar 4,8m x 7,2m. Fasilitas kamar terdiri atas ruang santai dilengkapi dengan back drop TV, dispenser, kulkas, meja makan dan sofa, pantry, kamar tidur lengkap dengan single bed ukuran 120x200cm, almari pakaian, meja, dan kursi belajar. Kemudian ada kamar mandi ukuran 1,8×1,8 m lengkap dengan closet duduk, shower air panas dan dingin serta wastafel. Sistem kelistrikan dengan switch kartu. Pendingin ruangan kapasitas 2 Pk dan penerangan lampu LED. 1 jaringan internet

Ruang Kuliah

Setiap kelas di kampus UMY dilengkapi pendingin ruangan dan tata letak kelas yang fleksibel menyesuaikan aktifitas pembelajaran seperti ceramah, diskusi kelompok dan presentasi. untuk penyampaian materi kuliah berbasis multimedia disediakan layar LCD dan Sound System.

Gedung KH Ibrahim (Twin Building)

“Twin Building” UMY telah diresmikan dengan ditandatanganinya prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah , Dr. Haedar Nashir, M.Si, di pelataran Twin Building UMY Senin(20/2). Dalam acara tersebut juga, dilakukan penyerahan Hibah Mobil dari UMY ke MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

“Twin Building” UMY ini memiliki total ruang kelas 22 unit dengan masing-masing berkapasitas untuk 50 orang dan 3 amphiteather yang berkapasitas 224 orang, 124 orang, dan 150 orang. Memiliki luas bangunan 9785 m2, gedung ini memiliki 7 lantai yang terdiri dari lantai semi basement, lantai dasar, lantai 1 hingga 5. Gedung sebelah utara akan menjadi E6 dan sebelah selatan menjadi E7. Rencananya, kedua gedung ini akan menjadi tempat perkuliahan untuk Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Student Center

Pusat aktivitas mahasiswa untuk menyalurkan hobi pada berbagai kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) seperti Fotografi, Film, Pecinta Alam, Teater, Pers Mahasiswa, Bahasa Asing, dan lain-lain. Student Centre ini dibangun sebagai sarana pengembangan wawasan, bertukar pikiran dan berorganisasi bagi para mahasiswa.

Pusat Pelatihan Bahasa (PPB)

UMY menyediakan kelas untuk mahasiswa dalam mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, and Bahasa Jepang. PPB juga menyedikan konsultasi penulisan bahasa asing. PPB juga menyediakan kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

PPB membawahi Self-Access Center (SAC) yang merupakan fasilitas kelas tambahan bahasa asing secara non formal sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing. Kegiatan SAC antara lain speaking class, festival bahasa dan budaya, dan lain sebagainya.